Ketidakhadiran yang Selalu Hadir

film-grain-moon-night-sky-star-Favim.com-59949

sumber: Favim

Malam Minggu baru saja berakhir tapi kau di dalam kepalaku baru saja mampir. Tak dapat kuapkir bahwa kau yang sudah berupa ketiadaan betah singgah dalam ingatan yang sungguh. Sedang percobaan bunuh diri bernama melupakan selalu gagal sebab kau terlalu mahir dalam hal menguasai.

Masih saja aku menjambak rambut sendiri dan merutuki tatapan pemantik debar, tawa lepas, senyum manis, nikmat ciuman-ciuman setengah takut dan pelukan-pelukan yang lebih hangat dari tungku api yang pernah kita ciptakan dengan penuh kerelaan. Sedih yang tak mengenal ujung buatanmu enggan selesai sebab satu wajahmu di pikiranku jauh lebih banyak dari ratusan foto-foto yang sudah mati diterkam menu hapus.

Kuakui aku masih berusaha memahami ketidakhadiranmu yang membantuku mengenal sepi yang lebih ramah dari sapaan tetangga di sebelah rumahku. Ia sopan mengetuk pintu kepalaku kala bulan menjelaskan arti hadirnya lalu sepi itu menawarkan sebuah kaset pita yang disebut kenangan dan memutarnya bersama anak-anak rindu yang sering tidak ingat mengenakan baju.

Jalan-jalan besar mulai melengang dari aroma asap knalpot yang memaksaku melihat jok belakang yang dahulu menjadi singgasana pantatmu dan ketidakhadiranmu mulai mengisi lengangnya dadaku yang telah bersahabat akrab dengan sesak.

Titik terakhir di dalam puisi ini adalah sambutan selamat datang untukmu.

Advertisements

7 thoughts on “Ketidakhadiran yang Selalu Hadir

  1. Kak falen kata2mu di setiap tulisan kadang bikin aku flashback dengan kisah hidupku…sangat menyentuh..kata2mu kadang mampu membangkitkan luka lama yg mengering menjadi bernanah lagi… Aku izin repost ya kakak..
    Aku cinta semua karya2mu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s